Semua Tentang Sepakbola di Dunia

Pages

Kamis, 13 Februari 2014

Stadium Villa Park


Stadion Villa Park adalah Stadion sepak bola yang berada di kota Witton, Birmingham dan merupakan sebuah rumah bagi klub sepak bola Aston Villa yang saat ini bermain di Liga Premier Inggris.
Pada awalnya Aston Villa menggunakan Stadion Aston Park pada tahun 1874 hingga tahun 1876 dan Perry Barr pada tahun 1876 hingga 1897 sebelum akhirnya menggunakan Stadion Villa Park sebagai kandang mereka.
Stadion Villa Park merupakan Stadion yang memiliki kualitas Bintang 5 yang diberikan oleh UEFA dan merupakan salah satu stadion terbesar yang dimiliki Inggris saat ini.
Dalam sejarah semi final Piala FA, Stadion Villa Park adalah stadion yang paling sering digunakan dalam pertandingan. Sudah 55 pertandingan semi final Piala FA menggunakan Stadion yang merupakan stadion terbesar ke-8 di Inggris.
Aston Villa berdiri sejak 1874 dan mulai dari 1897 masih tetap menggunakan stadion Villa Park hingga saat ini. Klub ini mengecap kejayaan pada masa silam sepakbola Inggris dengan menjuarai enam kali liga utama hingga 1910. Kejayaan serupa baru terulang musim 1980/81, ditambah gelar Piala Champions musim berikutnya, tanpa pernah terulang lagi hingga saat ini.

Sejak era manajer Brian Little, setelah ditangani Martin O'Neill barulah Villa kembali menggeliat pada era Liga Primer. Itupun baru sebatas "mengganggu" stabilitas empat besar liga yang dikuasai Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Kebijakan O'Neill lebih dikenal dengan menggunakan banyak pemain asli Inggris Raya. Musim ini, kebijakan itu tetap tak berubah berkat perekrutan Stewart Downing dari Middlesbrough dan gelandang muda Leeds United, Fabian Delph.

Semangat patriotik Inggris Raya itu tidak tertuang pada sisi kepemilikan klub karena sejak 2006 Villa dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat, Randy Lerner, yang membeli sebagian besar saham milik Doug Ellis. Setelah membeli kepemilikan klub, Lerner mengangkat dirinya sendiri sebagai presiden klub menggantikan Ellis. Di luar sentimen publik akibat ramainya pengusaha AS yang menjadi pemilik klub-klub Inggris, setidaknya Lerner membuktikan kedatangannya mampu membuat Villa lebih bergigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates